Welcome To My Blog

Selasa, 09 Oktober 2012

0 komentar

II. Tujuan Ilmu Budaya Dasar serta Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Tujuan ilmu budaya dasar yaitu untuk memperluas cara pandang kita dalam masalah kemanusiaan dan budaya, membuat kita mampu untuk  mengembangkan kebudayaan dengan kreatif, membantu dalam berkomunikasi sehingga sangat berguna untuk kita kita dimasa depan, kita bisa menjadi lebih kritis terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, dan menjadi lebih disiplin. Ilmu budaya dasar juga membentuk  kita agar daya tanggap, persepsi dan penalaran  berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas. Ruang Lingkup untuk Ilmu Budaya Dasar yaitu meliputi masalah-masalah kemanusiaan dan budaya, baik dari segi pengetahuan, lingkungan atau ungkapan. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :





1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.

2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.

4.Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar 
 Kedua masalah pokok itu adalah : 
 1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
 Sumber : ariefransisko.blogspot.com

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Postingan Populer

Followerd